Rakor Tim Pendamping Keluarga ( TPK ) Kalurahan Timbulharjo April 2024

Arif Nur 23 April 2024 20:20:03 WIB

Timbul Warta (18/04/2024)

Rakor Tim Pendamping Keluarga ( TPK ) Kalurahan Timbulharjo 2024

Pemerintah Kalurahan Timbulharjo Melaksanakan Rapat koordinasi dengan Petugas Pendamping keluarga ( TPK ) se Kalurahan Timbulharjo. Hadir pada Kegiatan tersebut Lurah Timbulharjo, Bp Anif Arkham Haibar, S.Pd, Kamituwo Kalurahan Timbulharjo, Bp Muhamad Sawabi, S.Pd.T, Koord PLKB Kapanewon Sewon Ibu Theotera Yuli Kristiyani dan Tim PLKB Kapanewon Sewon

Kegiatan TPK (Tim Pendamping Keluarga) adalah tugas bulanan yang dilakukan untuk pendataan bayi di bawah dua tahun dan ibu hamil dalam rangka pemantauan kesehatan dan perkembangan keluarga.

Setiap bulannya, masing-masing tim melakukan tugas sebagai berikut sesuai cakupan wilayah:

1. Pendataan Baduta (Bayi di Bawah Dua Tahun). Tim TPK mengunjungi keluarga yang memiliki bayi di bawah usia dua tahun lalu mencatat informasi penting seperti usia bayi, berat badan, tinggi badan, dan kondisi kesehatan secara umum. Hal ini membantu untuk memastikan perkembangan kesehatan yang optimal pada tahap awal kehidupan mereka.

2. Pendataan Ibu Hamil. Petugas TPK juga melakukan kunjungan rutin ke ibu hamil. Selain mencatat data demografis, petugas TPK mencatat perkembangan kehamilan, kesehatan ibu, dan memberikan informasi serta dukungan yang diperlukan. Ini membantu memastikan ibu hamil mendapatkan perawatan yang sesuai selama masa kehamilan mereka.

3. Laporan dan input data. Data yang sudah kumpulkan kemudian dilaporkan ke Kantor Penyuluh KB dan juga diinput ke aplikasi ELSIMIL (terhitung sejak bulan September). Ini memungkinkan pemantauan perkembangan kesehatan keluarga dan memberikan layanan yang lebih baik kepada penduduk setempat. Informasi ini juga dapat digunakan untuk perencanaan program kesehatan di masa depan.

Kegiatan ini sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, memastikan bahwa bayi dan ibu hamil mendapatkan perawatan yang tepat, serta membantu pemerintah desa dalam perencanaan program kesehatan yang lebih baik.

 

Komentar atas Rakor Tim Pendamping Keluarga ( TPK ) Kalurahan Timbulharjo April 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License