Peningkatan Kapasitas Pengelolaan BUMKal Timbulharjo

Nindy Arumdita 09 Juli 2024 08:36:09 WIB

Timbul Warta (05/07/2024). Dalam rangka mendukung pelaksanaan Reformasi Masyarakat Kalurahan, Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan BUMKal di Ruang Rapat Kalurahan Timbulharjo. Acara tersebut dihadiri oleh DPRD DIY (Bapak Umarudin Masdar, S.Ag), Perwakilan Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY, Lurah Timbulharjo, Direktur BUMKal Potorono, Konsultan BUMDes.id,  Pengelola BUMKal Timbul Sejahtera, Pamong Kalurahan, Bamuskal, LPMKal dan Tokoh-Tokoh Masyarakat lainnya.

Peningkatan Kapasitas Pengelolaan BUMKal di Kalurahan Timbulharjo di awali dengan sambutan Lurah Timbulharjo. Bapak Anif Arkham Haibar, S.Pd mengapresiasi kegiatan ini dan berharap bahwa adanya acara ini dapat meningkatkan kapasitas pengelola BUMKal di Kalurahan Timbulharjo. Beliau menjelaskan bahwa di Kalurahan Timbulharjo telah ada BUMKal dengan nama BUMKal Timbul Sejahtera. BUMKal tersebut saat ini mengelola berbagai unit yaitu Unit Pasar Desa, Unit Lapangan, Unit GOR dan Unit Katering.

Paparan materi terkait Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan BUMKal di DIY disampaikan oleh DPRD DIY, Bapak Umarudin Masdar, S.Ag. Beliau menyampaikan bahwa kunci sukses BUMKal terletak pada kefokusan dan keseriusan. Dengan berpengang pada prinsip tersebut, diharapakan BUMKal dapat terkelola dengan baik dan nantinya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Kalurahan (PAK). Sehingga dengan anggaran PAK yang masuk dapat digunakan untuk program-program pengentasan kemiskinan seperti satu dusun satu sarjana dan berbagai program lainnya.

Materi kedua disampaikan oleh Direktur BUMKal Potorono, Kapanewon Banguntapan. Bapak Sutardi, S.HI, M.EK menjelaskan terkait Best Strategi Pengelolaan BUMKal di Potorono, Banguntapan, Bantul. BUMKal Potorono merupakan salah satu  badan usaha yang cukup terkenal di Kabupaten Bantul. Berawal dari belajar dengan BUMKal Panggungharjo, kini BUMKal Potorono dapat bersaing dengan Panggungharjo. Dengan berbagai unitnya dan yang terkenal adalah Embung Potorono dengan ciri Dinosaurusnya, BUMKal Potorono dapat memberikan pendapatan yang tinggi. Tentu hal tersebut tidak akan mudah dicapai jika tidak memiliki persiapan strategi yang matang. Bapak Sutardi, S.HI, M.EK mengatakan bahwa salah satu strategi kesuksesan BUMKal Potorono adalah dengan membangun kepercayaan empat pilar di Kalurahan yaitu Pemerintah Kalurahan, Bamuskal Kalurahan, BUMKal Kalurahan dan Masyarakat Kalurahan. Ketika empat pilar tersebut dapat terbangun dengan baik, dapat dipastikan BUMKal dapat berjalan dengan baik pula.

Paparan materi terakhir disampaikan oleh Konsultan BUMDes.id. Materi tersebut berisi Penguatan Kelembagaan, Akuntabilitas dan Pengelolaan Usaha BUMKal.

Output dari kegiatan ini yaitu Bumkal Timbulharjo dapat menyerap ilmu yang telah disampaikan narasumber sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan Bumkal Timbulharjo.

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Pengelolaan BUMKal Timbulharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License