SOSIALISASI AWAL PTSL DESA TIMBULHARJO TAHUN 2018

Administrator 30 Januari 2018 15:07:41 WIB

TimbulWarta. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau yang dulu disebut Prona merupakan sertifikasi tanah serentak di Indonesia yang ditangani Pemerintah hingga tingkat desa, dengan proses cepat dan biaya yang murah karena telah diatur oleh Pemerintah. Hampir sama dengan tahun sebelumnya, PTSL di Desa Timbulharjo akan dilanjutkan di tahun 2018 ini dengan harapan status tanah kepemilikan di desa Timbulharjo bisa tersertifikasi seluruhnya.

Sosialisasi yang diadakan pada Rabu (24/01/2017) pukul 14.00 WIB bertempat di Balai Desa Timbulharjo ini dihadiri oleh Sutrisno dari Kanwil BPN DIY dan Agung dari Kantor BPN Kabupaten Bantul. Acara sosialisasi dimoderatori oleh Kasi Pemerintahan Desa Timbulharjo dan dihadiri oleh Dukuh-dukuh se Timbulharjo.

Sutrisno dalam penjelasannya mengatakan, “Untuk desa Timbulharjo tahun 2018 kuota yang disediakan adalah sebanyak 4000 bidang dan diharapkan mampu untuk diselesaikan.Dan apabila selama tahun 2018 tidak terselesaikan maka untuk tahun berikutnya masih akan tetap mendapatkan kuota”. “Selain itu, dalam proses PTSL tahun ini akan menggunakan metode Blok sehingga belum tentu merata di setiap pedukuhan”, imbuhnya.

Dalam proses kedepannya harus menyajikan peta dimana didalamnya ada informasi status tanah dengan kategori K1, K2, K3 dan K4. Untuk desa Timbulharjo sendiri sebagian besar sudah lengkap persyaratannya/ tanpa masalah sehingga sertifikatnya bisa selesai prosesnya secara cepat (Kategori K1). Biaya per bidang di tahun 2018 ini sesuai dengan peraturan adalah tetap Rp. 150.000,00 dan jika dirasa kurang maka masyarakat bisa iuran sesuai kesepakatan dan dikelola sendiri pengeluarannya untuk operasional selama pelaksanaan PTSL.

Komentar atas SOSIALISASI AWAL PTSL DESA TIMBULHARJO TAHUN 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License