KOORDINASI PROGRAM P2WKSS MENGINJAK TAHUN KEDUA DI PEDUKUHAN NGENTAK DAN BIBIS DESA TIMBULHARJO

Administrator 19 Maret 2018 10:09:40 WIB

TimbulWarta. Program terpadu P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera) merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan, yang berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa, dengan wanita sebagai penggeraknya. Tahun 2018 merupakan tahun kedua/ program lanjutan pelaksanaan P2WKSS di Desa Timbulharjo yaitu tepatnya di dua pedukuhan yaitu Ngentak dan Bibis.

Terkait hal tersebut maka telah diadakan koordinasi pelaksanaan program P2WKSS bertempat di Aula Desa Timbulharjo pada hari Rabu, 7 Maret 2018. Kegiatan koordinasi ini dihadiri oleh Lurah Desa, Kasi Pelayanan, TP PKK Kecamatan Sewon, TP PKK Desa Timbulharjo, Dukuh Ngentak dan Bibis, Warga Binaan Program P2WKSS dari 2 Pedukuhan yaitu Ngentak dan Bibis. Sedangkan selaku narasumber adalah perwakilan dari Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul.

Acara dimulai pukul 13.30 dan dibuka oleh Kasi Pelayanan sebagai moderator acara. Kemudian sambutan oleh Lurah Desa yang menjelaskan bahwa untuk program P2WKSS sudah dianggarkan di APBDes Tahun 2018 dan warga bisa menginfokan kegiatan-kegiatan P2WKSS kepada pihak Desa untuk didokumentasikan dan diberitakan di Web Desa Timbulharjo (timbulharjo.bantulkab.go.id).

Acara selanjutnya sambutan dari Ketua TP PKK Desa Timbulharjo, Ibu Yuni Kriswati, SH,MM yang sangat mendukung program P2WKSS ini dan berharap dengan program ini dapat meningkatkan peranan wanita untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa, dengan wanita sebagai penggeraknya.

Ibu Ery selaku narasumber dari Dinas PPKBPMD mendapat giliran terakhir untuk memberikan pengarahan dan penjelasan seputar program P2WKSS. Ery menuturkan, “Program P2WKSS merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan dari Kementerian Dalam Negeri yang bertujuan untuk meningkatkan peranan wanita khususnya keluarga prasejahtera agar memiliki pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang cukup untuk meningkatkan kesejahteraan dirinya dan keluarga. Di Kabupaten Bantul pelaksanaan program P2WKSS dipilih 3 Desa yaitu Desa Timbulharjo Kecamatan Sewon, Desa Trimulyo Kecamatan Jetis dan Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri. Program ini diadakan selama 3 tahun yaitu tahun pertama untuk program dasar, tahun kedua untuk program lanjutan dan tahun ketiga untuk program pendukung”.

“Kedepannya nanti bisa didadakan penyuluhan rutin misal dua bulan sekali, dengan topik misal tentang kesetaraan gender, pemanfaatan lahan pekarangan, pentingnya imunisasi, penyuluhan UU Perkawinan dengan mendatangkan narasumber terkait misalnya dari Puskesmas, KUA, PKK dll” , imbuh Ery dalam penjelasannya.

Komentar atas KOORDINASI PROGRAM P2WKSS MENGINJAK TAHUN KEDUA DI PEDUKUHAN NGENTAK DAN BIBIS DESA TIMBULHARJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License