PEMERINTAH DESA TIMBULHARJO CANANGKAN HIDUP SEHAT MELALUI DEKLARASI GERMAS dan STBM

Administrator 02 April 2018 13:52:04 WIB

TimbulWarta. Keramaian warga  tampak  terlihat pada acara deklarasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di halaman Balai Desa Timbulharjo pada Sabtu pagi, 31 Maret 2018 yang lalu.

Hadir dalam deklarasi tersebut Camat Sewon Drs Danang Erwanto, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Kepala UPT PP Kec. Sewon Medi Siswantoro, Kepala KUA Kec. Sewon Tarso, S.Ag, Lurah Desa Pendowoharjo Hilmi Hakimudin, Lurah Desa Timbulharjo Drs. Kandar, Pamong, dan warga masyarakat Timbulharjo.

Diawali dengan pelaksanaan senam bersama yang dimulai pukul 06.30 WIB dan  diikuti oleh seluruh tamu undangan beserta seluruh warga desa Timbulharjo. Dengan menggunakan atribut biru – biru masyarakat begitu antusias mengikuti gerakan senam yang dipimpin oleh para instruktur.

Selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Bp. Yananto dan dilanjutkan sambutan dari Camat Sewon Drs. Danang Erwanto, M.Si. Dalam sambutannya Camat Sewon menyampaikan  ”Mari kita biasakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini dalam kehidupan sehari-hari yaitu konsumsi buah dan sayur, melakukan aktifitas fisik minimal selama 30 menit untuk tiap harinya dan pemeriksaan rutin kesehatan secara periodik”. Dengan kampanye Germas ini, diharapkan masyarakat kecamatan Sewon dapat merubah pola hidup, dari yang kurang baik, menjadi lebih baik lagi”, imbuhnya.

Berikutnya adalah pembacaan deklarasi Germas dan STBM yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas Sewon I sekaligus inisiator acara ini, dr. Jaka Hardalaksana.  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin. Secara khusus, GERMAS diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan.

 

 

 

Komentar atas PEMERINTAH DESA TIMBULHARJO CANANGKAN HIDUP SEHAT MELALUI DEKLARASI GERMAS dan STBM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License