SOSIALISASI DANA BAGI HASIL- CUKAI HASIL TEMBAKAU (DBH-CHT) KAB. BANTUL TAHUN 2018

Administrator 13 April 2018 13:36:48 WIB

TimbulWarta. Pada Kamis 12 April 2018 lalu bertempat di Aula Pertemuan Bank Bantul, Pemerintah Desa Timbulharjo beserta Lembaga Kemasyarakatan Desa Timbulharjo yang terdiri dari BPD, LPMD, PKK dan tokoh masyarakat mendapat undangan untuk menghadiri acara sosialisasi Dana Bagi Hasil- Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) Kab. Bantul Tahun 2018.

Acara dimulai pukul 09.20 WIB dan dibuka oleh Kepala BKAD Dra. Sri Ediastuti, M.Sc sekaligus memaparkan tentang Peran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (CBH CHT) dalam APBD Kabupaten Bantul. Dana Bagi Hasil adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada Daerah untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi sedangkan DBH Cukai Hasil Tembakau adalah bagian dari Anggaran Transfer ke Daerah yang dibagikan kepada provinsi penghasil cukai dan atau provinsi penghasil tembakau.

Berikutnya dilanjutkan penjelasan dari Narasumber  yang  menyampaikan selayang pandang tentang DBH CHT diantaranya yaitu perbedaan antara Pajak Rokok dan Cukai Rokok adalah dari dasar pengenaannya. Jika Cukai rokok yang dikenai adalah harga jual eceran dari produk rokok itu sendiri ( yaitu sebesar 40%) sedangkan dasar pengenaan Pajak Rokok adalah dari cukai rokok (sebesar 10%).

Sebenarnya Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang kita terima dari Pemerintah Pusat akan dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang ada di Pemerintah Daerah misalnya digunakan untuk mendanai program / kegiatan :

  • Peningkatan Kualitas Bahan Baku
  • Pembinaan Industri
  • Pembinaan Lingkungan Sosial
  • Sosialisasi ketentuan di bidang Cukai
  • Pemberantasan barang kena cukai ilegal
  • Dan paling prioritas adalah untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional yaitu paling sedikit sebesar 50% dari alokasi DBH CHT yang diterima setiap daerah.

Komentar atas SOSIALISASI DANA BAGI HASIL- CUKAI HASIL TEMBAKAU (DBH-CHT) KAB. BANTUL TAHUN 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License