LPMD DARI SLEMAN, PURWOREJO DAN PURBALINGGA SAMBANGI TIMBULHARJO DALAM KUNLAP PELATIHAN LPMD

Administrator 15 September 2018 22:31:27 WIB

TimbulWarta - Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Desa Timbulharjo ketika ditunjuk menjadi tujuan kunjungan lapangan (kunlap) dari salah satu kegiatan Pelatihan Pengurus LPMD Dalam Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa yang diadakan Balai Pemerintahan Desa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pelaksanaan kunlap pada Jumat (14/9), di Desa Timbulharjo ini diikuti oleh 40 peserta kegiatan yang terdiri dari unsur LPMD dan pendamping daerah (OPD) dari  3 kabupaten yaitu Sleman (DIY),  Purworejo dan Purbalingga (Jawa Tengah). Rombongan peserta kunlap tiba di Desa Timbulharjo pukul 09.30 WIB langsung disambut oleh Lurah Desa beserta pamong dan Ketua LPMD beserta pengurus LPMD. Setelah itu menuju Aula Desa untuk acara penyambutan dan pembukaan dari Pemerintah Desa Timbulharjo selaku tuan rumah.

Berikutnya adalah acara diskusi atau FGD (Forum Group Discussion) dimana peserta dibagi menjadi 3 kelompok kecil dengan tema diskusi yang berbeda. Kelompok 1 tetap di Aula Desa Timbulharjo dengan tema diskusi “Peran Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Pemerintah Desa dalam Penguatan Lembaga Desa dan Pembangunan Desa” dan sebagai narasumber adalah dari BAPPEDA Kab. Bantul, Dinas PPKBPMD Kab. Bantul, Pemerintah Kecamatan Sewon dan Lurah Desa Timbulharjo.

Kelompok 2 bertempat di GOR Desa dengan narasumber dari LPMD Desa Timbulharjo yang terdiri dari Sekretaris LPMD Bpk Hatta Efendi, ST, M.Eng, Tukijo, S.IP, H. Yatiman, Umar Widayat dan Warno Widodo serta unsur perangkat desa (Kasi Pemerintahan) membahas tema “ Peran LPMD dalam Penyusunan RKPDesa dan DURKP Desa”. Dan FGD kelompok 3 bertempat di Ruang LPMD Desa Timbulharjo membahas tema “Peran LPMD dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa” dengan narasumber dari LPMD yaitu Ketua LPMD Desa Timbulharjo, Bpk. Salimuddin, S.Ag, Hariyanto, Purwantoro, Muhamad Rodi Amnanto serta perangkat desa yaitu Kasi Pelayanan dan Kasi Kesejahteraan.

Setelah diskusi selesai dilanjutkan refreshing berupa game kekompakan yaitu 3 kelompok FGD masing-masing harus menunjuk satu orang diletakkan dibagian tengah untuk dipakaikan simpai kayu yang disekelilingnya diikatkan beberapa tali dan membawa bola tenis diatas alas kayu datar. Anggota lainnya menarik tali yang ada disekeliling simpai agar simpai tidak mengenai badan si pemakai simpai dan secara bersama perlahan harus membawa bola tenis untuk kemudian dimasukkan di keranjang yang sudah disediakan.

Peserta kegiatan nampak bergembira dalam melakukan game ini sehingga wajah yang terlihat lelah menjadi segar kembali. Acara berikutnya adalah ishoma dan dilanjutkan penutup, tepat pukul 13.30 peserta pelatihan undur diri dan Lurah Desa melepas rombongan kembali ke tempat tujuan. Semoga pelaksanaa kunlap ini semakin mempererat silahturahmi dan memberikan manfaat baik bagi peserta pelatihan dan juga Pemerintah Desa Timbulharjo.

Komentar atas LPMD DARI SLEMAN, PURWOREJO DAN PURBALINGGA SAMBANGI TIMBULHARJO DALAM KUNLAP PELATIHAN LPMD

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License