PENGURUS RT DARI 6 KABUPATEN DI JATENG STUDI BANDING SAMBANGI DESA TIMBULHARJO

Administrator 15 Oktober 2018 11:47:41 WIB

Timbulwarta. Ditunjuk lagi untuk kedua kalinya oleh Balai Pemerintah Desa Provinsi DI Yogyakarta sebagai tempat tempat kunjungan lapangan pengurus RT dari 6 kabupaten di provinsi Jawa Tengah yaitu Wonogiri, Banyumas, Pemalang, Batang, Karanganyar dan Blora menjadi titik tolak untuk semakin mengembangkan peran Lembaga Kemasyarakatan Desa yang ada di Timbulharjo.

Bertempat di Aula Desa Timbulharjo pada Kamis (27/09/2018), peserta pelatihan Pengurus RT diterima oleh Lurah Desa beserta perangkat desa, BPD dan lembaga kemasyarakatan Desa Timbulharjo yaitu LPMD, PKK serta Pengurus RT. Acara dibuka dengan ucapan selamat datang sekaligus  sambutan dari Lurah Desa Timbulharjo Drs. Kandar, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Balai Pemerintahan Desa Di Yogyakarta yaitu Drs. Sigit Widijatmoko, M.Si.  Selanjutnya diteruskan dengan kegiatan diskusi yang dibagi menjadi 3 kelompok dengan topik yang berbeda, yaitu :

  1. Kelompok I dengan topik “ Kebijakan, Program, dan Kegiatan Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Pemerintah Desa dalam penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa” dengan narasumber Lurah Desa Timbulharjo, Camat Sewon dan dari Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul.
  2. Kelompok II dengan topik “Pelaksanaan tugas RT dalam membantu pelayanan pemerintahan desa dan penyediaan data kependudukan serta tugas lainnya” dengan narasumber dari Pengurus RT dan Perangkat Desa Desa Timbulharjo.
  3. Dan kelompok III dengan topik “Hubungan Kerja antara RT dengan lembaga kemasyarakatan desa dan Pemerintah Desa serta peran Pengurus RT dalam menggerakkan swadaya dan partisipasi masyarakat” dengan narasumber Pengurus RT, LPMD, BPD , Perangkat Desa dan PKK.

Adanya sharing dalam diskusi diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman bagi kedua belah pihak sehingga dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Desa dan LKD di daerah masing-masing.

Komentar atas PENGURUS RT DARI 6 KABUPATEN DI JATENG STUDI BANDING SAMBANGI DESA TIMBULHARJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License