16 NEGARA HADIR, DUSUN KEPEK SUKSES GELAR PESTA BONEKA

Administrator 15 Oktober 2018 11:56:45 WIB

 

Bekerjasama dengan Papermoon Puppet Theatre Yogyakarta, warga masyarakat Dusun Kepek Timbulharjo kembali menggelar Pesta Boneka selama 3 hari penuh, mulai tanggal 12 hingga 14 oktober 2018. Di hari pertama dan ke-2, banyak diisi berbagai rangkaian loka karya (workshop), mulai dari cara membuat boneka, wayang dari benda-benda sekitar, dongeng hingga memasak. Loka karya dipandu para seniman yang berasaldari 16 negara seperti Vietnam, Singapura, Jepang, Australia, Brazil dan sebagainya.

Di penghujung acara ditutup dengan pertunjukan teater boneka dari Seniman Jepang yang membuat wayang-wayang daun, lalu ada I Pedalangan dari Bali yang mengkritik dunia abu-abu dengan wayang dan boneka, terakhir adalah pertunjukan sirkus boneka dari Seniman Brazil Circo Poeira.

Kordinator acara tuan rumah yang juga Seniman Teater Boneka Anton Fajri saat ditemui mengatakan, acara ini menjadi tahun ke-3 yang secara rutin digelar saban tahun di dusun Kepek. Berawal dari keterlibatan Anton dan Beni dalam Teater Boneka Papermoon, yang sudah melakukan pementasan lintas negara. Mereka punya keinginan untuk lebih mendekatkan teater boneka kepada masyarakat dusun mereka lahir yakni dusun kepek. "Ya, supaya warga memiliki kemungkinan-kemungkinan baru dalam hidup, bahwa hidup tidak melulu rutin dan ajeg, dengan kesenian semacam ini juga interaksi langsung dengan para Seniman Manca Negara, tentu akan menambah perspektif baru di masyarakat." Ujar Anton yang akrab disapa Grewo ini.

Teater boneka sebenarnya sudah ada dan melekat dalam hidup masyarakat Indonesia dan Jawa khususnya, seperti pertunjukan wayang golek juga wayang kulit. Hanya saja Anton menambahkan, kekayaan tradisi itu harus bisa menjadi pijakan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan kekinian, agar dapat diterima generasi saat ini. Selain itu, acara ini juga sukses menggerakkan ekonomi masyarakat setempat, dengan dibuatnya Food Court yang diisi berbagai jajanan oleh pedagang lokal, laris manis dijajaki ratusan tamu yang hadir. Harapannya acara ini akan menjadi agenda rutin di dusun Kepek setiap tahun. *

Komentar atas 16 NEGARA HADIR, DUSUN KEPEK SUKSES GELAR PESTA BONEKA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License