Sosialisasi Isolasi Mandiri Suspect Covid -19

Arif Nur 25 Desember 2020 15:10:35 WIB

Timbul Warta ( 23 / 12/ 2020 ) Kegiatan Sosialisasi Tentang Isolasi Mandiri Suspect Covid-19 dilaksanakan di Aula Kalurahan Timbulharjo pada hari Rabu tanggal 23 Desember 2020. Sebagai Narasumber adalah Kepala Puskesmas Sewon I, dr A. Endar Widyaningsih. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Timbulharjo yang diwakili oleh Jogoboyo Kalurahan Timbulharjo, Sudarman, Kamituwo Kalurahan , M Sawabi, S,Pd.T serta bapak ibu dukuh Kalurahan Timbulharjo. 

Langkah isolasi diri yang dijalani dengan disiplin sangat efektif untuk mencegah virus COVID-19 menyebar di tengah masyarakat. Selain itu, isolasi mandiri perlu dijalankan supaya ruang isolasi di rumah sakit bisa digunakan oleh orang-orang dengan kondisi penyakit yang lebih parah dan butuh penanganan intensif.

Isolasi mandiri juga bertujuan untuk meminimalisasi kegiatan di luar. Patuhi peraturan tersebut dan tidak keluar rumah jika tidak penting. Melakukan isolasi mandiri dipercaya mampu menekan angka penyebaran yang belum mengalami penurunan.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda dilakukan dalam upaya isolasi mandiri, sesuai protokol Kementerian Kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 :

  1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas pakai di tempat yang ditentukan.
  2. Jika sakit (ada gejala demam, flu, dan batuk), tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.
  3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19.
  4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak satu meter dari anggota keluarga.
  5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk, dan sesak napas.
  6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan lakukan etika batuk dan bersin.
  7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan disinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (kurang lebih 15-30 menit).
  8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak napas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Komentar atas Sosialisasi Isolasi Mandiri Suspect Covid -19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License