Kegiatan Posyandu Balita Delima Pedukuhan Sudimoro.

Arif Nur 21 Januari 2022 23:46:48 WIB

Timbul Warta ( 21/01/2022 ).
Kegiatan Posyandu Balita Delima Pedukuhan Sudimoro.
Posyandu adalah wadah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh, dari, dan untuk masyarakat. Kegiatan posyandu penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak sekaligus memantau pertumbuhan Si Kecil.
Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dapat dilakukan di berbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu.
Fungsi kegiatan posyandu
Kegiatan posyandu di atas umumnya dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan. Berikut adalah beberapa fungsi dari kegiatan posyandu tersebut.
1. Sebagai wadah bertukar informasi
Kegiatan posyandu memiliki fungsi sebagai wadah informasi kesehatan bagi masyarakat awam. Selain itu, para ibu yang menjadi peserta kegiatan juga bisa bertukar informasi mengenai kondisi-kondisi kesehatan tertentu.
Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi, dan balita.
2. Mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat
Kegiatan posyandu juga dapat berperan sebagai wadah untuk mendekatkan masyarakat dengan pelayanan kesehatan, terutama bagi mereka yang tidak mampu atau kesulitan mendapakan akses pelayanan kesehatan.
3. Sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang sehat
Dalam setiap kegiatan posyandu, masyarakat dituntut untuk berperan aktif dalam berbagai kegiatan kesehatan, seperti Keluarga Berencana (KB), imunisasi bayi, hingga pemenuhan gizi ibu dan anak, dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.
4. Untuk memantau kesehatan ibu dan anak
Ini adalah salah satu fungsi paling penting dari kegiatan posyandu. Kegiatan posyandu tidak hanya dilakukan dengan pemberian imunsasi dan pengecekan berat badan pada anak saja, tapi juga mencakup pemantauan gizi bagi ibu dan anak, dengan harapan agar keduanya terhindar dari gizi buruk.

Komentar atas Kegiatan Posyandu Balita Delima Pedukuhan Sudimoro.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License