Upacara tradisi wiwitan di bulak sawah Dadapan Timbulharjo 2023

Arif Nur 25 Januari 2023 13:40:15 WIB

Timbul Warta (22/01/2023)
Upacara tradisi wiwitan di bulak sawah Dadapan Timbulharjo Sewon Kabupaten Bantu
Prosesi tradisi yang diikuti ratusan orang dan menjadi tontonan ratusan orang kali ini diawali dengan pemanjatan doa dan uborampe sesaji wiwitan dipimpin kaum (mudin). Kemudian dilanjutkan dengan panen padi bersama dan kirab gunungan, potong tumpeng, rayahan gunungan dan kembul bujono bersama serta musik.
Prosesi dihadiri Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Wakil Ketua DPRD H Subhan Nawwawi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Joko Waluyo, Lurah Timbulharjo Anif Arkham Haibar serta anggota Forkompinka Sewon.
Setelah pemanjatan doa oleh modin, dilakukan panen padi. Kemudian kirab gunungan diiringi bergodo prajut massa di bulak dengan jarak tempuh sekitar satu kilometer menuju tempat pemotongan tumpeng dan kembul bujono yang juga dimeriahkan dengan pementasan musik kerancong.
Selain memotong tumpeng, Abdul Halim dan Anif Arkham Haidar, S.Pd di hadapan ratusan warga menyumbangkan lagu. Sementara bersamaan itu pula gunungan dirayah warga.
Wiwitan pada dasarnya merupakan wajud dan upaya rasa syukur serta permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar usaha atau hajatnya terkabulkan. Dalam hal ini agar panennnya melimpah dan pertaniannya maju.
“Pemkab Bantul terus berupaya memjukan pertanian. Kini mencari buruh tani relatif sulit. Maka untuk mendukung tanam, Pemkab Bantul dalam waktu dekat akan menyumbang seperangkat Rice Transplanter (mesin tanam padi) seharga Rp 400 juta kepada kelompok tani Dadapan,” kata Abdul Halim.
Menurut Lurah Timbulharjo, Anif Arkham Haibar dan Ketua Panitia Haryono bahwa panen padi kali ini luasnya sekitar 10 hektare dengan hasil sekitar 5 hingga 6 ton per hektare.
“Kami mengucapkan terimakasih dan bersyukur atas akan adanya bantuan Rice Transplanter dari Bupati Bantul. Diharapkan dan diyakini akan bermanfaat,”
Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Bantul, H Subhan Nawawi, berpendapat bahwa upacara tradisi wiwitan perlu terus dilestarikan karena baik dan bagus.
“Pada jaman dahulu hasil panen pertanian bagus dan petani tentram diyakini juga berkat doa dan upacara tradisi seperi ini. Maka tradisi diharapkan dilestarikan. Tradisi mempujai nilai riligius, seni dan budaya yang dapat menjadi industri yang laku di sektor wisata. Prosesi kali juga menarik dan menghibur banyak orang,”
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Lihat insight dan iklan
Promosikan postingan
 
Semua tanggapan:
11
 
 

Komentar atas Upacara tradisi wiwitan di bulak sawah Dadapan Timbulharjo 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License