Kerajinan Bambu

Nindy Arumdita 15 Mei 2023 10:32:36 WIB

Salah satu Kampung yang mempunyai kerajinan yang ada di Bantul yaitu Kampung Sanggrahan. Kampung kecil yang terletak di Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, mempunyai potensi dalam memproduksi kerajinan yang berasal dari bambu. Banyak produk-produk hasil dari kerajinan bambu yang dibuat. Seperti Lincak, meja, kursi, kere, gasebo dan masih banyak lainnya. Produksi bambu di tersaebutini sudah berlangsung puluhan tahun. Bahkan bisa dikatakan pekerjaan yang turun temurun dari orangtua. Hasil kreatifitas bambu ini tidak kalah bersaing dengan produk mebel atau sofa yang selama ini banyak diburu orang. Hanya saja pembuatannya kerjaninan tangan dari bambu ini memerlukan waktu yang sedikit lama, karena membutuhkan ketrampilan dan kecermatan. Tahun 2006 tepatnya setelah Gempa Bumi yg mengguncang DIY-JATENG, Dusun penghasil kejarinan bambu Sanggrahan, tercatat dalam buku Musium Rekor Indonesia) MURI dengan kategori Lincak(kursi bambu) terpanjang dengan ukuran Panjang 12,20 meter, Lebar 1 meter dan Tinggi 1,37 meter. 

Selain itu di dusun Ngasem pula terdapat penghasil kerajinan yang berasal dari bahan bambu beberapa hasil nya seperti keronjot dan beberapa souvernir yang berbahan dari bambu yang bernama “rajut bamboo” yang didirikan oleh bapak avan, yang mana souvernir tersebut sudah menembus pasar internasional.

Komentar atas Kerajinan Bambu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License