Merti Dusun

Nindy Arumdita 15 Mei 2023 10:52:42 WIB

Upacara merti dusun merupakan upacara adat turun temurun yang mempunyai tujuan sebagai bentuk syukur pada Sang Pencipta atas  hasil panen yang didapat kemudian memohon berkat agar panen berikutnya melimpah.

Kegiatan ini masih biasa dilaksanakan di beberapa Pedukuhan seperti, Dagan dan Sewon. Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok masyarakat dusun dan diikuti oleh seluruh warga. Waktu pelakasanaan kegiatan ini biasanya bersifat bulanan, sumber pendanaan kegiatan berasal dari APBD, APBDES, dan swadaya oleh masyarakat.

Bentuk upacara merti dusun dilakukan dengan upacara adat, kenduri, kirab budaya, dan pentas seni wayang. Sarana yang digunakan pada upacara merti dusun yaitu: gamelan, lapangan, gunungan, alat transportasi.

Upacara merti dusun dilakukan di balai dusun, dengan tenda, kursi, dan panggung.

Komentar atas Merti Dusun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License