INOVASI POKJA 1 KALURAHAN TIMBULHARJO

Nindy Arumdita 24 Juli 2023 16:31:20 WIB

  1. Inovasi Pokaj I Kalurahan Timbulharjo

            Pembinaan karakter dalam kehidupan keluarga penuh cinta dan kasih sayang dengan menanamkan sikap prilaku budaya dan kepribadian anak melalui keteladanan orang tua,

            Tugas pembinaan kesejahteraan keluarga / P4 adalah menerapkan Paredi, pola asuh anak dan remaja era digital di Timbulharjo

  1. Meningkatkan Peraturan Perundangan Undangan

            Meningkatkan pemahaman peraturan perundangan undangan, Kabupaten Bantul sesuai dengan visi dan misi Bupati Bantul yaitu penanggulangan masalah kesejahteraan social secara terpadu dan pencapaian Bantul sebagai layak anak, ramah perempuan dan difabel.

            Kabupaten Bantul memiliki berbagai permasalahan konflek salah satunya adalah masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak sesuai dalam undang undang No 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, UU no 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak bahwa negara harus hadir dalam perlindungan perempuan dan anak.

            Dibutuhkan partisipasi masyarakat, Lembaga masyarakat dan dunia usaha untuk mencegah penanggulangan dan pemberdayaan perempuan dan anak.

            Data kasus kekerasan di UPTD PPA setiap taun selalu meningkat baik itu kekerasan terhadap anak, perempuan dan laki laki.

            Seandainya ada kasus KDRT ditingkat Kalurahan cukup diselesaikan ditingkat Kalurahan terlebih dahulu melalui kader KDRT bila tidak dapat diselesaikan baru dibawa ke UPTD PPA.

            Keberadaan kader KDRT dapat memberikan upaya pencegahan tindak kekerasan dalam Rumah Tangga dengan cara memberikan sosialisai PKK dusun, memperkuat jejaring mencurahkan pendapat, menjembatani permasalahan yang dijumpai dilapangan lewat forum itu diharapkan dicari solusinya.

  1. Meningkatkan Ketahanan Keluarga

Meningkatkan pola asuh anak sejak dalam kandungan sampai usia dini 0-5 tahun tumbuh kembang secara optimal

  1. Kerukunan Umat Beragama

Menerapkan kerukunan umat beragama dan saling menghormati sesama umat dalam wadah NKRI,

  1. SANTANASDKAL

Santunan anak yatim SD sekalurahan Timbulharjo

  1. KURMA ISPATIM

Kunjungan rumah istri mantan pamong Timbulharjo

  1. Mewujudkan kesadaran tentang P4 melaui PKBN pembinaan kesejahteraan Bela Negara
  2. SALSA Sekolah Lansia Salima

Salsa merupakan upaya pemberian informasi  tentang : KESEHATAN, KEAGAMAAN, SOSIAL BUDAYA, dsb. Sehingga menjadi SMART (Sehat Mandiri Aktif, Rajin dan Takwa)

Tujuan kegiatan Salsa :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran perilkau lansia terhadap Kesehatan
  2. Meningkatkan index kebahagian lansia
  3. Meningkatkan kemandirian aspek Kesehatan fisix, psikologis, social, spiritual.

Yel yel sekolah Lansia Salimah / SALSA

Tepuk lansia sehat 3x

  • Lansia sehat prok prok prok 3 x
  • Rajin sholat prok prok prok 3 x
  • Rajin ngaji prok prok prok 3 x
  • Bahagia prok prok prok 3 x
  • Selamanya            yes yes yes
  • Sambal mengepal tangan penuh semangat

 

Salsa berdiri di dusun ngentak tahun 2020 sempat berhenti karena Covid, akhirnya pertangahan tahun 2022 bisa aktif lagi KBM Kegiatan Belajar Mengajar, alhamdulillah ditahun 2023, Sabtu 1 Juli 2023 sebagian siswa di wisuda S1 sebanyak 60 orang di Aula Pemda II Bantul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar atas INOVASI POKJA 1 KALURAHAN TIMBULHARJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License