Penyuluhan Bangga Kencana Timbulharjo 2023

Arif Nur 22 Agustus 2023 09:31:55 WIB

Timbul Warta ( 21/08/2023 ) Penyuluhan Bangga Kencana Timbulharjo

Kegiatan Penyuluhan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga berencana (Bangga Kencana) di Kalurahan Timbulharjo di laksanakan di Aula Kalurahan Timbulharjo. Hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut , Koordinator PKB Kapanewon Sewon Ibu Dra. Theotera Yuli Kristiyanti beserta Tim Kapanewon, Pengurus IMP Kapanewon Sewon, Lurah Timbulharjo yg di wakili oleh Kamituwo Kalurahan Timbulharjo Bp. Muhamad Sawabi, S.Pd.T, Kader PPKBD Se Timbulharjo dan Ibu ibu PUS yang belum ber-KB.

Dalam kegiatan tersebut di isi yg di sampaikan dalam  penyuluhan tentang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan jenis jenisnya. MOP dan MOW di fokuskan dalam pemberian materi penyuluhan tersebut .

Metode Operasi Wanita (MOW)

Metode ini dikenal dengan ligasi tuba atau tubektomi yang dilakukan dengan menutup kedua tuba falopi dalam tubuh wanita.

Kelebihan MOW:

  • Tidak menimbulkan efek samping.
  • Efektivitas sangat tinggi.
  • Aman bagi ibu menyusui.

Metode Operasi Pria (MOP)

Metode ini dikenal dengan vasektomi, yang dilakukan dengan memotong vasa deferensia atau pipa yang menyalurkan sperma dari testis menuju uretra.

Kelebihan MOP:

  • Efektivitas sangat tinggi.
  • Tidak menimbulkan efek samping.

Dari 15 Peserta PUS yang hadir, ada 1 peserta yg bersedia untuk MOP. Dan beberapa ibu ibu PUS bersedia untuk KB MKJP dengan metode inplant dan IUD.

Komentar atas Penyuluhan Bangga Kencana Timbulharjo 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License