KWT Lestari Kepek Membuat APH Cair dan APH Padat

Arif Nur 16 September 2023 22:59:49 WIB

Timbul Warta ( 15/09/2023 )

Pengendalian hayati adalah teknologi / rekayasa pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (OPT) dengan menggunakan musuh alami atau agensi pengendali hayati. Organisme pengganggu tumbuhan (OPT) adalah semua organisme dari jenis hama maupun penyakit yang dapat merusak dan menurunkan hasil produksi sehingga meninmbuhkan kerugian secara ekonomi pada tanaman yang dibudidayakan.

Penggunaan agensi pengendali hayati (APH) menjadi salah satu metode yang ampuh untuk mengatasi serangan hama dan penyakit di lahan pertanian. Pasti banyak yang bertanya apa itu agensi hayati? Agensia hayati merupakan sarana pengendalian OPT yang sebenarnya telah tersedia di suatu ekosistem, tetapi seringkali keberadaannya pada tingkat yang tidak memadai. Hal ini menyebabkan populasi OPT cenderung semakin meningkat. Ketersediaan agen pengontrol hayati yang mampu pada suatu ekosistem, sangat menentukan keberhasilan pengendalian OPT. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan pengembangan agensi hayati baik di tingkat petani maupun di tingkat laboratorium, sehingga keseimbangan dalam ekosistem dapat terjaga dan hasil produksi yang diharapkan dapat meningkat.

METODE PERBANYAKAN APH

Secara umum perbanyakan APH dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan media padat untuk kelompok jamur dan media cair untuk kelompok jamur dan bakteri. Di Kelompok Wanita Tani ( KWT) Lestari Kepek Timbulharjo dilaksanakan pembuatan APH cair dan APH Padat .

Cara pembuatan dengan Media Padat :

  1. Rendam jagung cacah/slep kasar;
  2. Tiriskan beberapa saat dan masukkan ke dalam plastik;
  3. Kukus jagung hasil rendaman;
  4. Setelah matang angkat dan dinginkan;
  5. Setelah dingin berikan isolat Trichoderma dan campur/aduk sampai homogen;
  6. Untuk mendapatkan hasil yang biarkan sempurna campuran tersebut selama satu minggu ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari.

Dalam kegiatan tersebut hadir dari PPL Kapanewon Sewon, Lurah Timbulharjo Anif Arkham haibar S.Pd, Carik Timbulharjo Roykha Fadhilatul Baity, S.P, Ulu Ulu Kalurahan Timbulharjo Catur Kristanto, AMd dan Peserta Pelatihan yg terdiri dari ibu ibu anggota KWT Di timbulharjo.

Harapan dengan di adakan kegiatan tersebut dapat memotivasi Ibu Ibu anggota KWT dapat mandiri bisa membuat dan menggunakan hasil dari pembuatan APH Cair dan APH Padat Tersebut.

 

Komentar atas KWT Lestari Kepek Membuat APH Cair dan APH Padat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License