Pelatihan Pilah Sampah Padukuhan Tembi

Arif Nur 24 Oktober 2023 11:20:39 WIB

Timbul Jaya ( 22/10/2023 ). Kegiatan Pelatihan pemilhan Sampah dilaksanakan di pedukuhan Tembi dengan menggunakan Anggaran Biaya PPBMP 2023. Pada pelaksanaan Pelatihan tersebut sebagai narasumber adalah Ari Suryanto, S.E. dari KUPAS Panggungharjo . Hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut Lurah Timbulharjo yg di wakili oleh Ulu Ulu Kalurahan Timbulharjo Bp. Catur Kristanto, AMd , Dukuh Tembi Ibnu Sutopo, 25 Warga peserta pelatihan dari warga tembi. Rt. 08.

Pemilahan sampah yaitu kegiatan mengelompokkan dan memisahkan sampah sesuai dengan jenis, jumlah dan/atau sifat sampah. Pemilahan sampah dirumah bisa dikelompokkan menjadi 3, yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah residu. Tujuan pemilahan sampah yaitu untuk mempermudah pengelolaan sampah selanjutnya. Selain memudahkan pengelolaan sampah selanjutnya, pemilahan sampah organik dan anorganik dapat mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang masih tercampur antara sampah organik dan anorganik. Pencemaran udara dapat menimbulkan masalah kesehatan,terutama yang berhubungan dengan paru-paru dan pernapasan. Manfaat lain dari pemilahan sampah dari rumah yaitu dapat menambah nilai ekonomi dari hasil sampah yang terpilah tersebut.

Oleh sebab itu mari kita memilah sampah mulai dari sumbernya, yaitu dari rumah , karena memilah sampah dari rumah ternyata dapat memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan. Berikut ini adalah cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah masing-masing yang dapat membantu kelestarian lingkungan kita :
– Menyediakan tempat sampah (karung pemilah) terpilah 3 di rumah kita masing-masing (Organik, Anorganik, Residu)
– Memilah sampah sesuai jenisnya (organik, anorganik, residu)
– Sampah hasil pemilahan yang mempunyai nilai ekonomi disetorkan ke Bank Sampah terdekat atau dibuat kreasi daur ulang
– Sampah organik dari hasil pemilahan sebaiknya dikelola secara mandiri (misal dijadikan pupuk kompos, pakan ternak atau pakan maggot).
– Sampah residu diserahkan ke pengelola sampah untuk dibawa ke TPA
– Perpanjang usia makanan untuk mengurangi jumlah sampah organik
– Melalukan Zero waste, menyediakan makanan secukupnya jangan berlebihan.
– Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.


Mari kita lakukan bersama-sama pilah sampah dari rumah kita masing-masing, mulai dari sekarang, Insya Alloh akan memberikan manfaat yang besar bagi kelestarian lingkungan kita yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita. 

Dokumen Lampiran : a


Komentar atas Pelatihan Pilah Sampah Padukuhan Tembi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License